Skip to main content

1000 Hari Kehidupan Bersama Herba Asimor

Hai mamsi, gimana nih kabarnya? Mudah-mudahan selalu baik yaa meski disuasana masih harap harap cemas gini. Yaa.. ku bilang harap-harap cemas karena memang sungguh sulit melahirkan ditengah suasana pandemic seperti ini. Belum lagi mengahadapi budaya di kampung, dimana saat bayi lahiran banyak tetangga dan kerabat yang antusias untuk melihat sang jabang bayi. Kita tidak bisa mengontrol yang datang itu dalam keadaan sehat, ya kan..? kita juga tidak bisa melarang hanya siapa saja yang boleh sentuh-sentuh sikecil, apalagi sentuh area muka.. sedih, dilema, marah campur aduk jadi satu.

Perasaan-perasaan yang tidak menentu akibat keadaan dan lingkungan itu sedikit banyak dapat mempengaruhi kelancaran produksi ASI (Air Susu Ibu). ASI sangat penting untuk 1000 hari kehidupan. Upaya yang bisa dilakukan ya banyak makan makanan yang bergizi dilengkapi dengan susu menyusui ya.. Support seorang suami juga sangat penting dalam fase menyusui ini. Suami juga perlu menjaga stabilitas emosi para mamsi ya.. 

ASI dihasilkan oleh kelenjar payudara melalui proses laktasi. Pemberian ASI perlu karena memberikan beberapa manfaat bagi bayi antara lain, dapat memberikan kehidupan yang baik dalam pertumbuhan maupun perkembangan bayi, mengandung antibodi yang melindungi bayi dari berbagai penyakit infeksi bakteri, virus, jamur, dan parasite, mengandung komposisi tepat karena kandungan ASI diciptakan sesuai dengan kebutuhan bayi, meningkatkan kecerdasan bayi, terhindar dari alergi yang biasanya timbul karena konsumsi susu formula, bayi merasakan kasih sayangibu secara langsung saat proses menyusui, dan ketika beranjak dewasa akan mengurangi risiko untuk terkena hipertensi, kolesterol, overweight, obesitas dan diabetes tipe 2. Bayi yang tidak diberikan ASI akan lebih rentan untuk terkena penyakit kronis, seperti jantung, hipertensi, dan diabetes setelah ia dewasa serta dapat menderita kekurangan gizi dan mengalami obesitas.

Pemberian ASI selain bermanfaat bagi bayi juga bermanfaat bagi ibu diantaranya sebagai kontrasepsi alami saat ibu menyusui dan sebelum menstruasi, menjaga kesehatan ibu dengan mengurangi risiko terkena kankerpayudara dan membantu ibu untuk menjalin ikatan batin kepada anak. Pemberian ASI dapat membantu mengurangi pengeluaran keluarga karena tidak membeli susu formula.

Meskipun manfaat-manfaat dari menyusui ini telah dipublikasikan di seluruh dunia, namun angka cakupan ASI eksklusif masih jauh dari yang diharapkan. Berdasarkan survei di Indonesia 38% ibu berhenti memberikan ASI disebabkan karena kurangnya ASI. Persepsi ketidakcukupan ASI (PKA) ini menjadi penyebab utama kegagalan pemberian ASI Eksklusif dan menjadi alasan utama ibu berhenti menyusui. Sering kali ibu merasa ASI nya tidak cukup memenuhi kebutuhan bayinya. Sebagian besar ibu mengalami persepsi ketidakcukupan asi (PKA) terutama pada minggu pertama hingga minggu ke empat setelah kelahiran bayi. Berbagai alasan yang sering muncul diantaranya bayi rewel, menangis setelah menyusui, bayi ingin terus disusui atau menyusu lama, payudara terasa lembek, dan ASI tidak dapat di perah. Selain itu IMD (Inisiasi Menyusu Dini) menjadi factor lain yang berhubungan dengan persepsi ketidakcukupan asi. Proporsi IMD (Inisiasi Menyusu Dini) sendiri hanya sebanyak 58,2%. 

Faktor-faktor kesulitan produksi ASI diantaranya:

Psikologi Ibu

Psikologi ibu ini meliputi perasaan-perasaan yang dirasakan sama mamsi (mama menyusui), bisa berasal dari dalam diri ataupun bisa dari lingkungan. Perasaan dalam diri ini biasanya kurang percaya diri untuk bisa memberikan ASI bagi si kecil, lelah karena mengurus bayi sendirian bagi yang tinggal terpisah dengan orang tua atau keluarga sehingga istirahat atau tidurnya kurang, takut kalau menyusui payudara menjadi jelek. Perasaan dari luar contohnya stress karena pengaruh keluarga yang dominan, cibiran dari keluarga atau orang terdekat, kurangnya support dari suami dan lain-lain.

Nutrisi

Nutrisi sendiri bisa dari keseimbangan antara karbohidrat (nasi), serat (sayur), protein nabati (tahu/tempe) dan hewani (daging, telur), vitamin (buah) serta susu yang dikonsumsi mamsi. Kandungan galactogogue disini sangat penting untuk meningkatkan produksi asi, dimana kandungan tersebut terdapat pada sayur yang mamsi konsumsi.

Pengalaman saat MengASIhi

Pengalaman aku yang awalnya hari pertama ASI tidak keluar sungguh menggugah kecewa mamsi. Apalagi keluarga sendiri tidak mendukung penuh pemberian ASI. Mereka menganggap anak menangis karena lapar, padahal bayi baru lahir masih memiliki cadangan makanan. Jadi menangis bukan berarti hanya karena lapar, bisa jadi si bayi kedinginan, tidak nyaman karena popok basah, minta gendong ataupun pelukan. Tekad untuk memberikan ASI masih bulat kurasakan dengan mencoba menutup telinga kanan kiri dari keluarga yang support untuk memberikan susu formula.

Aku sendiri tidak mau memberikan susu formula karena aku sendiri bayi yang dikasih susu formula dan tidak mau mengulangi apa yang aku rasakan. Hingga akhirnya aku ketemu sama mama menyusui (mamsi) lain dan sharing dengan tantangan-tantangan yang ku hadapi sehingga dapat rekomendasi Herba Asimor. Awalnya memang keluarga merekomendasi sering-sering makan daun katuk dan daun beluntas. Tapi di tempat tinggalku sendiri sangat susah mendapatkan daun katuk. Bersyukur sekali dengan adanya Herba Asimor ditambah aku orangnya no ribet-ribet club. 

Baru beberapa hari mengkonsumsi Herba Asimor, ASI ku pun mulai keluar. Sejak itu keyakinanku untuk full ASI meningkat dua kali lipat dan 2 minggu kemudian mulai deras hingga pumping kewalahan. Status ku saat itu masih mamsi bekerja ya.. jadi menyusui langsungnya kalau sudah dirumah, selebihnya bayi menyusu ASIP (ASI Perah).

Status ibu bekerja dengan ibu rumah tangga sama dalam hal menyusui, kalau kita tidak rutin memompa atau memberikan ASI pada anak, maka produksi ASI dari waktu ke waktu akan mengalami pengurangan. Tidak jarang kan, waktu anak usia 4 bulan bunda sudah kehabisan ASI, yaa ASI nya tidak keluar hingga akhirnya lari ke susu formula. Sebuah pukulan berat bagi seorang bunda yang tidak bisa memberikan ASI full pada anak tercinta. Sebaliknya saat kita rajin mempompa atau menyusui maka jumlah ASI akan melimpah. Memompa ASI bisa dilakukan setiap kali biasanya bayi makan (minimal 8 kali/24 jam, atau tiap 2-3 jam). Jika ASI sudah keluar maka pompa sampai teteaan terakhir dan pastikan sudah tidak ada ASI yang keluar.

Bagi mamsi bekerja tidak diperkenankan full ASIP, jadi kalau kita pulang kerja baiknya anak tetap skin to skin, menyusu langsung. Hal ini dilakukan agar merangsang payudara untuk produksi ASI, selain itu untuk bonding antara ibu dan anak. Pejuang kasih harus semangat yaa… Ukuran besar kecil payudara tidak mempengaruhi bisa tidaknya ASI keluar. Terkadang payudara yang besar malah tidak keluar ASI, ada juga yang putingnya masuk ke dalam. Sebaliknya payudara kecil terkadang putingnya tidak mudah tenggelam. Jadi tidak usah pesimis ya mamsi.  Banyak tidaknya produksi ASI tergantung seringnya kita memompa atau menyusui. 

Harapan semua bunda pasti sama ingin memberikan ASI selama 2 tahun. Yukk sama-sama semangat mamsi.. Selain support suami, support Asimor juga sangat penting mamsi.

Herba ASImor

Herba Asimor adalah produk herbal untuk membantu melancarkan ASI yang terbuat dari kombinasi 2 tanaman asli Indonesia, yaitu daun katuk dan daun torbangun yang secara turun menurun dari nenek moyang kita dipercaya dapat membantu melancarkan produksi ASI, tentunya sudah dibuktikan secara ilmiah juga. Herba Asimor juga mengandung tambahan bioactive protein fraction dari ikan gabus. Ikan air tawar bergizi sebagai sumber nutrisi penting untuk membantu pertumbuhan anak.

Gambar 1. Herba Asimor (dok. pribadi, 2020)

Tiap kaplet Herba Asimor mengandung Galactogogue yaitu zat yang digunakan untuk menstimulasi, mempertahankan dan meningkatkan produksi asi. Ekstrak daun katuk (Sauropus androgynous) dan Ekstrak daun torbangun (Coleus Ambonicus Lour) diproses secara modern menjadi Galatonol. Hasil studi menyebutkan ekstrak daun katuk memberi peningkatan signifikan dalam ekspresi gen prolactin dan oksitosin, hormone yang berperan dalam proses menyusui. Sedangkan ekstrak torbangun didapatkan aktivasi sel epitel dan metabolism kelenjar susu dan ASI meningkat 65% tanpa mengubah kualitas gizi susu.

Manfaat Herba ASImor

Banyak manfaat yang dihasilkan oleh Herba Asimor secara langsung maupun secara tidak langsung, diantaranya:

  1. Terbukti dapat meningkatkan hormon oksitosin dan hormon prolaktin
  2. Peningkatan produksi ASI terbukti dirasakan sejak hari ke 2 setelah penggunaan Herba Asimor
  3. Volume ASI pada saat pumping meningkat dan waktu yang dibutuhkan untuk pumping lebih sedikit
  4. Kualitas tidur bayi meningkat (lebih mudah tidur setelah pemberian ASI yang cukup)

Tips Meningkatkan Volume ASI

Bagi mamsi yang merasa ASI nya kurang tidak perlu cemas dan khawatir, tidak usah terburu-buru untuk berhenti menyusui. Adapun tips untuk meningkatkan volume ASI, yaitu:

  •  Pompa ASI setiap waktu/jam biasanya bayi makan (minimal 8 kali/24 jam atau 2-3 jam)
  • Istirahat atau tidur cukup
  • Jika ASI keluar, pompa sampai tetesan terakhir dan pastikan sudah tidak ada ASI yang keluar
  • Jika bayi di rawat di Rumah Sakit, tetap lakukan kangaroo care (skin to skin) sesering mungkin
  • Jaga kesehatan ibu, makan gizi cukup, minum cukup, istirahat cukup, dan hindari stress
  • Bila perlu bisa menggunakan galactogogue atau agen galactogenic untuk meningkatkan produksi ASI.

Manfaat lain Herba ASImor

Selain memperlancar ASI, Herba Asimor juga dapat mempercepat proses penyembuhan luka setelah operasi cesar dan mempercepat pemulihan paska melahirkan dan memperkuat system kekebalan tubuh. Fraksi Bioaktif Sriatin pada Herba Asimor memiliki kandungan protein yang tinggi juga murni dan terbukti dapat mempercepat penyembuhan luka. Kandungan protein tinggi juga dapat menjadi sumber nutrisi untuk mempercepat pemulihan paska melahirkan. Jadi tidak usah cari-cari ikan kotok di sungai yah.. ribet.. kita cari ikan kotok di Herba Asimor ajaa..

Untuk yang tidak melahirkan secara cesar, Herba Asimor bisa juga nih mamsi untuk mempercepat proses penyembuhan luka karena puting lecet akibat digigit saat menyusui.

Banyak sekali manfaat yang kita dapat dari Herba Asimor. Meskipun banyak manfaatnya namun harga herba Asimor masih terjangkau ya mamsi, bahkan sangat terjangkau kalau dibandingkan dengan begitu banyak manfaat yang kita dapat. Udah ngerasain sendiri makanya bisa ngomong seperti ini. Untuk info lengkapnya bisa di liat disini https://linktr.ee/asimor.id  

Semangat mengASIhi mamsi.. Ingat, hal ini tidak akan terulang kembali.. bisa terulang pun hanya kepada adeknya. Mari kita berikan ASI terbaik bagi perkembangan anak-anak kita. Jangan takut gemuk.. kita akan tetap cantik di depan anak-anak kita. Jangan takut kurang, yang penting NIAT tidak bolek kendor.. Tutup telinga kanan kiri ya mamsi.. Yang penting MengASIhi..


#PEJUANGKASIH

#KAWALAWAL

#HAPPYMORKIT

Comments

  1. ASI Booster yang sangat bermanfaat dengan harga terjangkau adalah produk idaman ya bun. Masa mengASIhi memang membutuhkan produk pendukung semacam ASI booster Herba Asimor ini biar kegiatan mengASIhi tetap nyaman dan berkualitas.

    ReplyDelete
  2. Wah selamat mengasihi yaa mom semangat selalu ya pokoknya the best

    ReplyDelete
  3. Berarti asimor bisa langsung dikonsumsi setelah melahirkan yah bun untuk mempercepat penyembuhan dan stimulasi asinya. atau lebih baik sebelum lahiran?

    ReplyDelete
  4. Kemarin cari Asi Booster eh di rekomendasiin ini sama dokter. Belum sempet buat beli. Dan ternyata udah banyak yang pakai.. pantesan aja dokter kasih rekomendasi ini..

    ReplyDelete
  5. ASI Booster emang penting untuk medukung kita dalam mengASIhi. Semangat dan selalu happy juga ya biar makin lancar .

    ReplyDelete
  6. Aku pun pakai Herba Asimor ini untuk ASI booster. Alhamdulillah lancar jaya. Moga kita bisa mengASIhi sampai 2 tahun ya bun.
    Semangaaaat 🥰🥰

    ReplyDelete
  7. Herba Asimor bertebaran dimana2, sepertinya lagi viral ya..Produknya emang bagus dan bikin lancar Asi juga

    ReplyDelete
  8. Eh, aku baru tahu ada produk ASI booster kayak gini. Jadi gak perlu ribet dan panik lagi kalau produksi ASI berkurang.

    ReplyDelete
  9. Pengaruh banget emang mom kondisi emosional si ibu. Sedih akutuh pas sulit menyusui gara2 kepikiran omongan oranglain :(

    ReplyDelete
  10. Bisa membantu menyembuhkan luka juga ya ??? Fixt deh anak kedua cobain asimor

    ReplyDelete
  11. Waah informasinya lengkap banget, asimor ini udah banyak yang pakai ya kayanya

    ReplyDelete
  12. Terimakasih sudah memberikan informasi yg sangat dibutuhkan untuk ibu² yg mash gelap mata tentang asit

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Claris Sahabat Keluarga

Hai clarista?? Gimana kabar?? Sehat kan?? Sedih yaa akhir2 ini musim banget musibah, gak ada henti2nya mulai dari banjir, tanah longsor, hingga gempa.. Mudah2an diberi ketabahan buat mreka yang mengalaminya, dan kita sisihkan rzki untuk bisa membantu meringankan beban mreka. Amin..  Aku cuma mau sharing, hadiahku yang dari @clariscoolstoresby waktu itu udah nyampek 😍.. Voucher belanjanya aku buat beli tempat sampah biar sampah2 disini pada rapi, dari dulu pengen banget punya tempat sampah injekan gini, akhirnya kesampek an dong.. alhamdlh ya.. dan yang paling penting bahannya tebel banget..  Aku juga beli kontainer, nahh ini warnanya bagus banget, segerr kan liatnya.. ini bisa buat tempat apa aja, bisa maenan atau beras juga bisa sih.. bisa buat apa aja sih lebih tepatnya..  Nahh yang imut2 ini, toples buat isi cemilan2ku.. secara yaa hobi ngemil 🤣.. #janganditiru Sambil liat drakor itu nggak kerasaa loh,,, lossss ora rewell pokok e.. 😂 tau2 udah nggak bersisa.. gitu aja.. ini tutup

3 Tips Menonton Film di STRO TV

Sebagai salah satu aplikasi streaming Indonesia asli, platform STRO yang dapat diunduh melalui Play Store dan App Store ini menyajikan banyak series original yang mengangkat isu kehidupan sehari hari di dalam negeri. Sebut saja seperti serial terbarunya yaitu 7 Hari Sebelum 17 Tahun yang bertemakan bullying . Agar nonton di STRO tetap lancar dan seru, ikuti tips berikut. Tips Menonton Film Streaming 1. Pilih Sesuai Usia Berbagai film dan series yang ada di STRO TV masing-masing telah diberi rating usia. Sehingga anda dapat menentukan mana yang boleh dilihat oleh anak dan mana yang tidak. Penting sekali untuk memperhatikan label sebelum menonton, karena beberapa ada yang ditunjukkan untuk semua umur dan ada pula yang dapat dilihat olah anak namun tetap butuh pendampingan. Seperti contohnya series original STRO berjudul 7 Hari Sebelum 17 Tahun , yang merupakan web series terbaru. Serial yang dibintangi oleh Tissa Biani dan Lyodra Ginting tersebut tidak ditujukan untuk anak, namun